Sahabat Alam Sergai, Aksi Menanam 5000 Pohon Mangrove Di Pantai Cermin

- Editor

Senin, 12 Februari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Algarinews.com | Serdang Bedagai,
Kegiatan komunitas Sahabat Alam menanam 5000 pohon mangrove demi menyelamatkan lingkungan di areal sekitar pantai cermin dan diikuti ratusan pemuda dan masyarakat di Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, Senin sore pukul 15:00 WIB (12/02/2024).

Hal ini menjadi kegiatan yang sangat baik bagi warga sekitar pantai cermin, dikarenakan dampak lingkungan akibat proyek tanpa kejelasan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab. Dampak abrasi akibat proyek tersebut telah banyak merusak lingkungan bahkan tanaman penyangga hutan seperti pohon mangrove pun di babat habis.

 

Pohon mangrove sendiri memiliki manfaat yang sangat banyak sekali, selain mencegah banjir, pohon mangrove juga dapat mencegah erosi dan abrasi akibat gerusan air laut, dan penyangga akan dampak pasang surut air laut, yang bisa saja menenggelamkan rumah-rumah warga jika terjadi bencana alam, merusak biota laut, penghasil oksigen, tempat bersandarnya kapal nelayan.

Baca Juga :  Perkebunan Nusantara IV Unit Adolina: Sukses Gelar Tanam Perdana dengan Kehangatan dan Komitmen

 

Eksplorasi wilayah hutan mangrove sudah ada dalam SK 6609 Sumatera Utara dan SK Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, SK.6690/MenLHK-PKTL//KUH/PLA/2/10/2021 Tentang peta perkembangan pengukuhan kawasan hutan provinsi Sumatera Utara sampai dengan 2020.

 

Komunitas yang diinisiasi oleh pemuda setempat pantai cermin dan pecinta alam disana telah melahirkan komunitas yang diberi nama “Sahabat Alam”. Komunitas yang harusnya bukan di musuhi oleh pemerintah melainkan mereka perlu adanya dialog antara pemerintah dan elemen masyarakat lainnya dikarenakan betapa pentingnya semua elemen berkolaborasi demi menyelamatkan lingkungan yang ada di pesisir kabupaten Serdang Bedagai, khususnya di pesisir pantai cermin.

 

Kegiatan dan aksi ini sempat terjadi penolakan bagi petugas Satpam di sekitar proyek tersebut, tetapi para simpatisan pun akhirnya mendapat titik cerah untuk bisa masuk ke dalam areal walaupun pagar besi dan kawat berduri yang harus mereka lompati.

Baca Juga :  Di Duga Perusahaan CV. TERUS JAYA PUTRA Ilegal

 

“Walaupun kita dihalangi oleh pagar dan kawat berduri, semangat kami untuk terus berupaya menyelamatkan lingkungan tidak pernah tergerus ombak, oleh karena itu aksi dan penanaman pohon inilah bentuk kepedulian serius kami dan agar kiranya pemerintah peduli terhadap aksi yang kami lakukan hari ini”, ucap ketua Sahabat Alam, Habibi.


“Dukungan dari elemen masyarakat seperti pemerintah desa pantai cermin kanan, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, di Pantai Cermin ini sudah kita dapatkan, dan tembusan surat undangan Kepada Bapak Bupati Sergai, Kapolres Sergai, Dinas Lingkungan Hidup, dan Pemerintah yang berwenang dalam hal lingkungan juga sudah kita kabarkan berita ini”, lanjut Habibi.


Kegiatan ini sudah dua kali dilaksanakan, bahkan kegiatan ini akan kembali dilakukan ketika tidak ada tanggapan pemerintah daerah dan kebijakan yang menguntungkan masyarakat daerah pantai cermin. Tutup Ketua Sahabat Alam, Habibi.

Berita Terkait

Semangat Baru Esports di Sumut, H. Abdul Razak Nasution Resmi Pimpin IESPA Sumut
Remaja Tewas Tertembak: Kematian Misterius Mengguncang Perbaungan
Seorang Pria Diduga Dianiaya Hingga Tewas, Istrinya Laporkan Kasus ke Polisi
Viral di Medsos: Kotak Kosong Tantang Petahana di Pilkada Serdang Bedagai
Jadwal Konstatering Dan Eksekusi Belum Juga Ditetapkan, Nurhayati Akan Lapor Ketua PN Sei Rampah Ke Bawas MA, KY dan PT Medan
Nurhayati Kecewa, Polres Sergai Dianggap Tidak Punya Nyali Untuk Pengamanan Proses Konstatering dan Eksekusi 3 Objek Perkara di Lahan 64 Ha Kota Galuh
Ketua LSM GMAS Sumut : Tegur Keras Desa Jatimulyo Dugaan Penyimpangan Anggaran Memicu Panggilan untuk Audit Mendalam
Kades Kotagaluh Diduga Pakai Dana Desa untuk Nikah Siri : Kebenaran Terbuka?
Berita ini 142 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 2 September 2024 - 03:13 WIB

Semangat Baru Esports di Sumut, H. Abdul Razak Nasution Resmi Pimpin IESPA Sumut

Minggu, 1 September 2024 - 11:00 WIB

Remaja Tewas Tertembak: Kematian Misterius Mengguncang Perbaungan

Jumat, 30 Agustus 2024 - 07:33 WIB

Seorang Pria Diduga Dianiaya Hingga Tewas, Istrinya Laporkan Kasus ke Polisi

Jumat, 30 Agustus 2024 - 05:56 WIB

Viral di Medsos: Kotak Kosong Tantang Petahana di Pilkada Serdang Bedagai

Rabu, 28 Agustus 2024 - 03:26 WIB

Jadwal Konstatering Dan Eksekusi Belum Juga Ditetapkan, Nurhayati Akan Lapor Ketua PN Sei Rampah Ke Bawas MA, KY dan PT Medan

Berita Terbaru