Lanal Bintan Diserbu Masyarakat Nelayan Pesisir Menuntut Pembebasan Dua Nelayan Yang Ditahan Karena Melanggar Hukum

- Editor

Sabtu, 20 Januari 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

TNI AL, Bintan – Puluhan warga masyarakat nelayan dengan menggunakan beberapa mobil, motor dan membentangkan spanduk serta poster menyerbu Lanal Bintan menuntut pembebasan terhadap rekannya karena tidak terima dengan penangkapan dan penahanan yang dilakukan TNI AL dalam hal ini Lanal Bintan terhadap 2 (dua) orang nelayan yang melakukan tindakan pengrusakan dalam penangkapan ikan di laut, Jum’at (19/01/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari skenario latihan dalam rangka Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat 1 dan 2 (P1 dan P2) pada tanggal 18-19 Januari 2024 oleh Komando Latihan (Kolat) Koarmada I.

Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan 1 (P1) dan Pangkalan 2 (P2) merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Kolat Koarmada I disetiap Lanal jajaran Lantamal IV untuk menguji kemampuan dan profesionalisme prajuritnya.

Baca Juga :  Bina Potensi Maritim, Lanal Lhokseumawe Ajak Pelajar SD Kunjungi KRI Bontang 907

Kegiatan yang disaksikan langsung oleh Danlanal Bintan Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., tersebut diawali dengan briefing oleh PgS. Palaksa Lanal Bintan Mayor Marinir Yuda Bakti dan Perwira Staf kepada seluruh Personel Lanal Bintan. Dalam briefingnya, Palaksa Lanal Bintan menekankan agar dalam pelaksanaan Gladi P1/P2 dilaksanakan dengan serius dan semangat, ikuti aturan-aturan sesuai dengan skenario yang ditelah diatur oleh Pasops Lanal Bintan, sehingga hasil dari latihan-latihan tersebut bisa maksimal.

Lebih lanjut, Palaksa Lanal Bintan menerangkan bahwa materi yang dilatihkan nantinya akan diuji dihadapan Tim Uji Terampil Kolat Armada I itu meliputi, pengecekan software dan hardware, tes tertulis bidang Kamla, SAR, Kebaharian. Kemudian kemampuan komunikasi, bongkar pasang senjata, Pasukan Huru Hara, dukungan perbekalan, kesehatan, pemadaman kebakaran dan manuver lapangan berupa drill komunikasi, kecakapan bahari, baris berbaris, Tata Upacara Militer, menembak, renang militer, evakuasi medis laut, bongkar pasang senjata, peran anti sabotase, pertahanan pangkalan dan evakuasi medis darat.

Baca Juga :  Buka Puasa Bersama Awak Media Kabid Humas Polda Kalbar Ucapkan Terimakasih Atas Peranan Media Dalam menyukseskan Pemilu 2024 Di kalimantan Barat

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan juga menyampaikan arahan dan penekanan kepada seluruh Prajurit Lanal Bintan bahwa dengan adanya latihan Uji Terampil itu dapat dijadikan dasar penilaian bagi pimpinan TNI AL terkait profesionalisme prajurit guna menghadapi tugas mendatang yang semakin kompleks dan dinamis.

M.Irsyad Salim

(Pen Lanal Bintan)

Berita Terkait

Pastikan Lapas bersih dari Narkoba, Kalapas Rangkasbitung Pimpin Penggeledahan
Heboh Kantor DPC: PDIP Lebak di Geruduk Lembaga
Mendagri Dorong BNPP Kembangkan PLBN Jadi Sentra Ekonomi Baru
298 Atlet Dan Official Polri Memeriahkan PON XXI, Ketua Harian Komite Olahraga Polri : Cetak SDM Polri Unggul Melalui Olahraga
Doa Kiai Pemalang Agar Pilkada 2024 Aman Dan Damai
Polri Kerahkan Ribuan Personel Amankan PON XXI 2024 Di Aceh Dan Sumut
Kadin Siapkan White Paper Dari Hasil ISF 2024 Untuk Pemerintahan Baru
Penuh Euforia, Pesan Paus Di Misa Akbar GBK : Jangan Mudah Menyerah
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 19 September 2024 - 12:56 WIB

Pastikan Lapas bersih dari Narkoba, Kalapas Rangkasbitung Pimpin Penggeledahan

Rabu, 18 September 2024 - 17:19 WIB

Heboh Kantor DPC: PDIP Lebak di Geruduk Lembaga

Rabu, 18 September 2024 - 12:56 WIB

Mendagri Dorong BNPP Kembangkan PLBN Jadi Sentra Ekonomi Baru

Senin, 9 September 2024 - 12:57 WIB

298 Atlet Dan Official Polri Memeriahkan PON XXI, Ketua Harian Komite Olahraga Polri : Cetak SDM Polri Unggul Melalui Olahraga

Senin, 9 September 2024 - 08:26 WIB

Doa Kiai Pemalang Agar Pilkada 2024 Aman Dan Damai

Berita Terbaru